Proses Diversi Anak yang Berkonflik dengan Hukum: Belajar dari Sistem Diversi di Amerika Serikat

Authors

  • Alfian Mela Maran Universitas Surabaya, Surabaya
  • Yusti Probowati Universitas Surabaya, Surabaya
  • Ajuni Ajuni Universitas Surabaya, Surabaya
  • Mary Philia Elisabeth Universitas Surabaya, Surabaya https://orcid.org/0000-0001-8566-4321

DOI:

https://doi.org/10.37893/jbh.v13i2.957

Keywords:

Keadilan Restoratif, Pelayanan Masyarakat, Sistem Peradilan Pidana Anak, Tempat Pembinaan

Abstract

Diversi adalah pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke mekanisme di luar peradilan pidana. Diversi bertujuan untuk melindungi hak-hak anak yang berkonflik dengan hukum (ABH). Pelaksanaan diversi menjadi penting karena proses peradilan pidana dapat memberikan dampak negatif pada anak, seperti stigma sosial, kesulitan mendapatkan pekerjaan, risiko terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, dan kemungkinan menjadi residivis akibat pengaruh lingkungan pergaulan di sekitar mereka. Namun, implementasi diversi di Indonesia menghadapi berbagai tantangan. Beberapa penelitian mengungkapkan kendala, seperti kurangnya pemahaman masyarakat tentang diversi, rendahnya kompetensi hakim dalam menangani perkara anak, kesulitan mencapai kesepakatan antara pelaku dan korban, serta terbatasnya fasilitas untuk mendukung pelaksanaan kesepakatan diversi. Kajian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan diversi di Indonesia sekaligus mengulas proses diversi di Amerika Serikat sebagai bahan pembelajaran dalam meningkatkan pelaksanaan diversi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah purposive review, di mana penulis secara sistematis menentukan langkah-langkah dalam mencari dan menyortir sumber yang relevan untuk pembahasan ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa beberapa proses diversi yang berhasil diterapkan di Amerika Serikat, seperti Probation Camp, Community Service, dan Functional Family Therapy, dapat menjadi referensi dalam meningkatkan efektivitas pelaksanaan diversi di Indonesia. Keberhasilan pendekatan-pendekatan tersebut menunjukkan pentingnya keterlibatan masyarakat, keluarga, dan otoritas terkait dalam mendukung keberhasilan program diversi. Oleh karena itu, diharapkan temuan ini dapat menjadi solusi dalam memperbaiki dan memperkuat sistem diversi di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexander, J., Pugh, C., Parsons, B., & Sexton, T. (1998). Blueprints for Violence Prevention: Functional Family Therapy. Boulder: University of Colorado.

Angger Sigit Pramukti, S. H. F. P. S. H. (2018). Sistem Peradilan Pidana Anak. Pustaka Yustisia. https://books.google.co.id/books?id=kQSCDwAAQBAJ

Bazemore, G., & Stinchcomb, J. (2004). A Civic Engagement Model of Reentry: Involving Community Through Service and Restorative Justice. Fed. Probation, 68, 14.

Cook, D. A. (2019). Systematic and Nonsystematic Reviews: Choosing an Approach. In D. Nestel, J. Hui, K. Kunkler, M. W. Scerbo, & A. W. Calhoun (Eds.), Healthcare Simulation Research: A Practical Guide. 55–60. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-26837-4_8

Darnell, A. J., & Schuler, M. S. (2015). Quasi-Experimental Study of Functional Family Therapy Effectiveness for Juvenile Justice Aftercare in a Racially and Ethnically Diverse Community Sample. Children and Youth Services Review, 50, 75–82. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2015.01.013

DeFosset, A. R., Schooley, T. S., Abrams, L. S., Kuo, T., & Gase, L. N. (2017). Describing Theoretical Underpinnings in Juvenile Justice Diversion: A Case Study Explicating Teen Court Program Theory to Guide Research and Practice. Children and Youth Services Review, 73. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2017.01.005

Deschutes County Juvenile Community Justice Department. (2023). Community Service. Deschutes County. https://www.deschutes.org/justice/page/community-service

Development Services Group, I. (2017). Diversion From Formal Juvenile Court Processing. Office of Juvenile Justice and Delinquency Prevention Washington, DC.

Dick, A. J., Pence, D. J., Jones, R. M., & Geertsen, H. R. (2004). The Need for Theory in Assessing Peer Courts. American Behavioral Scientist, 47(11), 1448–1461. https://doi.org/10.1177/0002764204265344

El Rachma, Z. D. (2021). Pembatasan Diversi Terhadap Anak yang Melakukan Recidive. Mimbar Keadilan, 14(1), 74–83.

Ernis, Y. (2017). Diversi dan Keadilan Restoratif Dalam Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Anak di Indonesia. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 10(2), 163–174.

Erpita, R. (2022). Strategi Perlindungan Anak yang Berhadapan Dengan Hukum (Studi Dinas PPPA Kabupaten Musi Rawas). Jurnal Kyberman, 12(2), 156–165.

Fernando, Y. (2020). Sejarah Sistem Peradilan Pidana Anak di Indonesia. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1398

Greenwood, P. (2008). Prevention and Intervention Programs for Juvenile Offenders. The Future of Children, 185–210. https://doi.org/10.1353/foc.0.0018

Hariyanto, D. R. S., & Swardhana, G. M. (2021). Optimalisasi Pelaksanaan Diversi Dalam Sistem Peradilan Pidana Anak yang Berorientasi Pada Restorative Justice di Kota Denpasar. Jurnal Legislasi Indonesia, 18(3), 394–404. https://doi.org/10.54629/jli.v18i3.787

Hutabarat, R. R. (2017). Problematika Lembaga Pemasyarakatan dalam Sistem Peradilan Terpadu. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(1), 42–50.

Hutami, R. N., Kurniawan, A., & Husodo, T. P. (2019). Peran Penyidik Polri dalam Penerapan Diversi Terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum (Studi di PPA Polres Magelang). Amnesti Jurnal Hukum, 1(2). https://doi.org/10.37729/amnesti.v1i2.645

Kasuma, I., Hermawan, I. A., & Setyawati, M. (2020). Problematika Pelaksanaan Diversi Bagi Anak Berhadapan Dengan Hukum di Kota Layak Anak (Studi Pada Aparat Hukum, Pemerintah Kota dan Masyarakat di Depok dan Surakarta). Jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan, 8(2), 350–371. https://doi.org/10.29303/ius.v8i2.787

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2022). Laporan Pelaksanaan Sistem Peradilan Pidana Anak Tahun 2022. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj746iT_52CAxWTa2wGHeSYDlsQFnoECAoQAQ&url=https%3A%2F%2Fwww.kemenpppa.go.id%2Flib%2Fuploads%2Flist%2F5a14b-laporan-pelaksanaan-sppa-pusat-tahun-2022.pdf&usg=AOvVaw1oPHtwYSjLz_WLlqu3zErn&opi=89978449

Krohn, M. D., & Lane, J. (2015). The Handbook of Juvenile Delinquency and Juvenile Justice. John Wiley & Sons. https://doi.org/10.1002/9781118513217

Kusworo, D. L., & Fathonah, R. (2022). Analisis Implementasi Diversi Dalam Penyelesaian Perkara Anak Pelaku Tindak Pidana Pencurian (Studi Kasus Pengadilan Negeri Liwa). Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(02). https://doi.org/10.35450/jip.v10i02.297

Laia, F., Ablisar, M., Marlina, M., & Ikhsan, E. (2021). Diversi Terhadap Anak yang Melakukan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika (Studi Penetapan Pengadilan Negeri Medan). Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 2(1), 89–95.

Lane, J. (2015). Juvenile Delinquency and Justice Trends in the United States. dalam The Handbook of Juvenile Delinquency and Juvenile Justice. 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/9781118513217.ch1

Lehigh County Court of Common Pleas. (2023). Cognitive Behavioral Curriculum and Lehigh County Juvenile Probation Coordinated/Facilitated Programming. The Court of Common Pleas. https://www.lccpa.org/juvenile/probation/Coordinatedprogramming.nex

McMahon, S. M., & Pederson, S. (2020). “Love and Compassion Not Found Elsewhere”: A Photovoice Exploration of Restorative Justice and Nonviolent Communication in a Community-Based Juvenile Justice Diversion Program. Children and Youth Services Review, 117. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105306

Mears, D. P., Kuch, J. J., Lindsey, A. M., Siennick, S. E., Pesta, G. B., Greenwald, M. A., & Blomberg, T. G. (2016). Juvenile Court and Contemporary Diversion: Helpful, Harmful, or Both? Criminology and Public Policy, 15(3). https://doi.org/10.1111/1745-9133.12223

Merzel, C., & D’Afflitti, J. (2003). Reconsidering Community-Based Health Promotion: Promise, Performance, and Potential. American Journal of Public Health, 93(4), 557–574. https://doi.org/10.2105/AJPH.93.4.557

Models for Change Juvenile Diversion Workgroup. (2011). Juvenile Diversion Guidebook. Center for Juvenile Justice Reform, National Center for Mental Health and Juvenile Justice, National Juvenile Defender Center, National Youth Screening and Assessment Project, and Robert F. Kennedy Children’s Action Corps

Riadussyah, M. (2016). Tanggung Jawab Indonesia sebagai Negara Transit bagi Pengungsi Anak Berdasarkan Hukum Internasional. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 23(2). https://doi.org/10.20885/iustum.vol23.iss2.art4

Roguski, M., & Chauvel, F. (2009). The Effects of Imprisonment on Inmates’ and Their Families’ Health and Wellbeing. Litmus Wellington, New Zealand.

Sexton, T. L. (2000). Functional family therapy. US Department of Justice, Office of Justice Programs, Office of Juvenile.

Thomas, D., & Hunninen, M. (2008). Making Things Right: Meaningful Community Service for Juvenile Offenders. Technical Assistance to the Juvenile Court: Special Project Bulletin.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak

Unicef. (1989). Convention on the Rights of the Child.

van Dijken, M. W., Stams, G. J. J. M., & de Winter, M. (2016). Can Community-Based Interventions Prevent Child Maltreatment? Children and Youth Services Review, 61, 149–158. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2015.12.007

Wati, U. R. (2021). Penitipan Anak yang Berkonflik Dengan Hukum di Balai Perlindungan Rehabilitasi Remaja Daerah Sleman. Lex Renaissance, 6(3), 633–645. https://doi.org/10.20885/JLR.vol6.iss3.art15

Widianingsih, Y. (2019). Persepsi Pendamping Anak di P2TP2A Tentang Diversi Sebagai Suatu Mekanisme Penyelesaian Kasus Anak Berkonflik Dengan Hukum. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(4).

Yanti, R. Y., Wulandari, R. A., & Ikhwan, M. (2023). Efektivitas Penerapan Diversi Terhadap Tindak Pidana yang Dilakukan Oleh Anak Dalam Sistem Peradilan Pidana (Studi Kasus Pengadilan Negeri Tebo). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3970–3981.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Maran, A. M., Probowati, Y., Ajuni, A., & Elisabeth, M. P. (2024). Proses Diversi Anak yang Berkonflik dengan Hukum: Belajar dari Sistem Diversi di Amerika Serikat. Binamulia Hukum, 13(2), 555–571. https://doi.org/10.37893/jbh.v13i2.957